DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 7, No 2 (2023): September 2023

Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPA

Yulistina Nur DS (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Sri Wulan Anggraeni (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Anggy Giri Prawiyogi (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Andes Safarandes Asmara (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Wati Wati (Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh penggunaan model discovery learning terkadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar pada pembelajaran tatap muka dilaksanakan di MI Al-Mujahidin Pasirkamuning Desa Pasirkamuning Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jenis penelitian eskperimen dan desain yang digunakan dalam penelitian adalah pretest dan posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu melibatkan seluruh siswa MI Al-Mujahidin Pasirkamuning dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes, tes merupakan sebuah alat untuk mengukur kemampuan serta pemahaman seseorang terhadap keilmuan. Tes sudah Uji kelayakan melalui Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Dihasilkan 9 butir soal yang valid yang sudah diujicobakan. Teknik analisis data menggunakan Analisis Deskriptif, Statistik Inferensial dan Uji Hipotesis dengan menggunakan Uji Independent samples test pada software SPSS Versi 22 for windows diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 7,873 > 2,024 (t tabel), maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji Independent Samples Test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan rata-rata berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA pada Kelas yang menggunakan model discovery learning dengan kelas yang menggunakan metode ceramah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...