Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peseta didik pada aspek sikap spiritual melalui pelaksanaan model pembelajaran PAIBP berbasis amalan andalan. Desain penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas yang bertempat di SD Banyakan Kapanewon Piyungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dilihat dari aspek kognitif hasil tes untuk pemahaman tentang ibadah diperoleh nilai kategori B (Baik) pada ≥75% dari keseluruhan siswa yang menunjukkan tanda berhasil. Dari aspek afektif, dapat dilihat dari proses pelaksanaan amalan andalan ≥ 87,5 % (lebih dari ≥75%) peserta didik mampu menunjukkan sikap religiusitas atau spiritual baik di dalam maupun di luar kelas selama proses belajar mengajar berlangsung dalam hal ketaatan beribadah, sikap bersyukur, ketaatan berdoa, dan sikap toleransi. Hal tersebut terbukti dengan capaian nilai kategori B (Baik) mencapai skor 93,75% atau ≥75%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran PAIBP berbasis amalan andalan dapat meningkatkan hasil belajar aspek sikap spiritual siswa kelas 6 SD Banyakan Piyungan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023