Jurnal Kualita Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Kualita Pendidikan

PERBANDINGAN INDIKATOR DARI VARIABEL / FOKUS YANG AKAN DI ASESMENT (VARIABEL MULTILITERASI SAINS)

Muzaroah Muzaroah muza (a:1:{s:5:"en_US"
s:25:"Universitas PGRI Semarang"
})



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Multiliterasi adalah konsep yang mengacu pada kemampuan individu untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan menggunakan berbagai jenis literasi atau keterampilan berbahasa dalam konteks yang berbeda. Keaksaraan tradisional mencakup kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, tetapi dengan kemajuan teknologi dan budaya yang berubah, multiliterasi menyadari bahwa individu harus mengembangkan keterampilan tambahan untuk berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat yang semakin kompleks dan digital. Dalam konteks multiliterasi, individu harus mampu menginterpretasikan dan memproduksi teks tidak hanya melalui tulisan, tetapi juga melalui gambar, suara, video dan bentuk media lainnya. Kemampuan ini diperlukan untuk berpartisipasi dalam berbagai situasi komunikasi, baik di sekolah, tempat kerja, maupun kehidupan sehari-hari. Pendekatan multiliterasi dalam pendidikan mendorong pengajaran yang memperhatikan keberagaman budaya, latar belakang, dan konteks sosial peserta didik. Guru diharapkan mendorong siswa untuk menjadi pembaca dan produsen teks yang kritis, serta mampu menguasai dan memanfaatkan berbagai literasi yang relevan dalam kehidupan mereka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Kualita Pendidikan dengan nomor ISSN 2774-2156 (cetak) dan ISSN 2774-4566 (online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Perkumpulan Kualitama Edukatika Indonesia. Jurnal Kualita Pendidikan memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pendidikan. Lingkup bidang pendidikan antara ...