[Bahasa]: Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kecamatan Masbagik Lombok Timur belum memiliki pengetahuan dan pemahaman yang memadai tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Salah satu upaya untuk membantu mereka adalah melalui pelatihan PTK. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru PAI di Kecamatan Masbagik dalam mendesain atau merancang PTK. Program pengabdian ini dilakukan di Ponpes Halimatussa’dian NW Lombok Timur. Partisipan dalam kegiatan pelatihan ini adalah 40 orang guru PAI di Kecamatan Masbagik Lombok Timur. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode workshop dengan melakukan tatap muka langsung di kelas memberikan pelatihan mengenai metode penelitian PTK, penyusunan proposal dan laporan PTK yang terdiri dari tiga tahapan kegiatan, yakni perencanan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa para guru PAI memiliki pengetahuan dan pemahaman yang memadai terkait PTK, serta mampu melakukan perancangan PTK dengan baik. Proses bimbingan dan pendampingan telah membantu untuk menyempurnakan kemampuan mereka dalam merancang PTK dengan lebih baik. Kata Kunci: desain, kapasitas guru, Pendidikan Agama Islam, Penelitian Tindakan Kelas [English]: Islamic Religious Education (PAI) teachers in Masbagik, East Lombok, lack adequate knowledge and understanding of Classroom Action Research (CAR). One effort to assist them is through a workshop on CAR. This community engagement activity aims to enhance the knowledge and understanding of PAI teachers in Masbagik in designing CAR. The research was conducted at Halimatussa'diah Islamic Boarding School in East Lombok, with 40 PAI teachers from Masbagik involved in the workshop. The community engagement was carried out through a workshop involving face-to-face interactions in the classroom, training on CAR methods, and CAR proposal design exercise, consisting of three stages: planning, implementation, and evaluation. This community service program results show that PAI teachers possess adequate knowledge and understanding of CAR and are proficient in designing CAR projects. The guidance and mentoring process significantly improved their CAR design skills. Keywords: design, teacher capacity, Islamic religion education, Classroom Action Research
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023