Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 1 (2023): Journal on Teacher Education

Peran Teknologi Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Nuridayanti Nuridayanti (Universitas Negeri Makassar)
Sri Muryaningsih (Universitas Muhammadiyah Purwokwerto)
Badriyah Badriyah (Politeknik LP3I Jakarta)
Everhard Markiano Solissa (Universitas Pattimura)
Klemens Mere (Universitas Wisnuwardhana Malang)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2023

Abstract

Kurikulum memiliki posisi yang sangat strategis dan berfungsi sebagai penjabaran dari visi, misi, dan tujuan pendidikan pada instansi pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran teknologi pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan studi pustakan atau System Literature Review (SLR). Tujuannya adalah untuk menganalisis perbandingan teori-teori yang ada dengan teori-teori sebelumnya dalam literatur penelitian. Literatur yang digunakan adalah literatur dari hasil penelitian atau kajian yang disajikan dalam artikel ilmiah. Semua artikel yang digunakan bersumber dari mesin pencari literasi data elektronik Mendeley dan Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran teknologi pendidikan dalam kurikulum merdeka sangat memberikan pengaruh yang positif dalam mengaplikasikan dan mengimplementasikan teknologi dalam konsep merdeka belajar secara nyata.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...