Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 1 (2023): Journal on Teacher Education

Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Muatan IPS Menggunakan Model Games

Risma Widia Safitri (Universitas Lambung Mangkurat)
Ahmad Suriansyah (Universitas Lambung Mangkurat)
Ratna Purwanti (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menganalisis keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa menggunakan model games. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan dengan jumlah siswa 29 orang. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berpikir kritis. Data kuantitatif hasil belajar diperoleh melalui tes tertulis secara individu dan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dipertemuan empat memperoleh skor 40 kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai persentase 100% dipertemuan empat, keterampilan berpikir kritis dipertemuan empat mencapai 93%, dan hasil belajar siswa mampu meraih nilai ? 70 dengan mencapai persentase klasikal 100% dipertemuan empat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pada pembelajaran IPS menggunakan model GAMES dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Manarap Lama 1.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...