Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 1 (2023): Journal on Teacher Education

Implementasi Media Puzzle Huruf untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia 4-5 Tahun

Sari Sukmaningsih (Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen)
Risdianto Hermawan (Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di TK Muslimat NU 23 Tarbiyatul Masyithoh, Kelurahan Plarangan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini penting karena dilatarbelakangi dengan penggunaan media pembelajaran berupa media puzzle huruf yang digunakan oleh guru untuk mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implemetasi media puzzle huruf untuk mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU 23 Tarbiyatul Masyithoh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah 30 anak. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang melibatkan guru di TK Muslimat NU 23 Tarbiyatul Masyithoh. Data yang dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, data ini dianalisis secara kualitatif.  Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi dengan menggunakan puzzle huruf sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tiga komponen dalam pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...