Pelaksanaan kegiatan praktikum di laboratorium khususnya pada mata pelajaran IPA masih banyak ditemukan berbagai permasalahan, sehingga pelaksanaannya dinilai belum efektif. Diperlukan kajian terkait persepsi siswa yang dapat dijadikan sebagai bahan perbaikan terhadap pelaksanaan praktikum kedepannya agar menjadi lebih baik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan praktikum di laboratorium IPA SMP khususnya SMPN dan MTsN di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 96 responden, terdiri dari 48 siswa kelas VIII SMPN 1 Kuantan Hilir dan 48 siswa kelas VIII MTsN 1 Sentosa Jaya. Instrumen yang digunakan berupa angket yang terdiri dari 26 item pernyataan. Setelah data angket dikumpulkan, selanjutnya dilakukan analisis secara deskriptif. Aspek yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi persepsi siswa terhadap persiapan praktikum, pelaksanaan praktikum, dan penutupan praktikum. Hasil dari penelitian iniĀ  memperlihatkan bahwa persepsi siswa terhadap pelaksanaan praktikum di laboratorium IPA berada pada kategori baik (72,50%). Dapat disimpulkan bahwa secara umum pelaksanaan praktikum di laboratorium IPA siswa kelas VIII SMPN 1 Kuantan Hilir dan MTsN 1 Sentajo Raya sudah dilaksanakan dengan baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023