SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Vol 9, No 2 (2023): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains

PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIKUM DI LABORATORIUM IPA SMP/MTS KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Rahmayumita, Restesa (Unknown)
Jannah, Miftahul (Unknown)
Novriandami, Aldila (Unknown)
Kusumasari, Anggi (Unknown)
Rahmad, M. (Unknown)
Linda, Roza (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Pelaksanaan kegiatan praktikum di laboratorium khususnya pada mata pelajaran IPA masih banyak ditemukan berbagai permasalahan, sehingga pelaksanaannya dinilai belum efektif. Diperlukan kajian terkait persepsi siswa yang dapat dijadikan sebagai bahan perbaikan terhadap pelaksanaan praktikum kedepannya agar menjadi lebih baik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan praktikum di laboratorium IPA SMP khususnya SMPN dan MTsN di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 96 responden, terdiri dari 48 siswa kelas VIII SMPN 1 Kuantan Hilir dan 48 siswa kelas VIII MTsN 1 Sentosa Jaya. Instrumen yang digunakan berupa angket yang terdiri dari 26 item pernyataan. Setelah data angket dikumpulkan, selanjutnya dilakukan analisis secara deskriptif. Aspek yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi persepsi siswa terhadap persiapan praktikum, pelaksanaan praktikum, dan penutupan praktikum. Hasil dari penelitian iniĀ  memperlihatkan bahwa persepsi siswa terhadap pelaksanaan praktikum di laboratorium IPA berada pada kategori baik (72,50%). Dapat disimpulkan bahwa secara umum pelaksanaan praktikum di laboratorium IPA siswa kelas VIII SMPN 1 Kuantan Hilir dan MTsN 1 Sentajo Raya sudah dilaksanakan dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

spek

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics

Description

The Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains is dedicated to all science practitioners about studies and research of science. Various topics that can be accepted in this journal are: Physics Education, Chemistry Education, Biology Education, Media Development and Learning, Model Evaluation and ...