Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development
Volume 3 Nomor 1 Tahun 2023

Peningkatan Kemampuan Berfikir Siswa melalui Pembimbingan Kelompok di Kelas X di SMAN 4 Barru

Aminah, Aminah (Unknown)
Saman, Abdul (Unknown)
Saniasa, Saniasa (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan example non example dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.Mipa.1 SMA Negeri 4 Barru. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus, dan setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen lembar observasi untuk aktivitas, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara analisis kualitatif dan deskriptif komperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dapat ditingkatkan dengan penggunaan teknik example dan non example dalam bimbingan kelompok. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh hasil penelitian dari siklus I ke siklus II, yaitu pada siklus I dan siklus II yakni  dengan jumlah siswa 15 berada pada kategori rendah dan terjadi perubahan pada siklus I dengan kategori tinggi sebanyak 7 siswa dan karegori sedang sebanyak 8 siswa dan dilakukan siklus ke II karena masih perlu peningkatan dalam bentuk layanan yang belum maksimal sehingga pada siklus II terjadi peningkatan dan 6 siswa berada pada kategori sangat tinggi dan 9 siswa berada pada kategori tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijosc

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development merupakan jurnal ilmiah yang dikelola secara Peer Review, diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, dengan p-ISSN: 2775-1708 dan e-ISSN: 2775-555X ...