Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 1 (2023): Pedagogos : Jurnal Pendidikan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK

Miftahul Awalia (Unknown)
Sowanto Sowanto (STKIP Bima)
Dusalan Dusalan (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar matematika siswa pada SMKN 3 Kota Bima. Lebih lanjut, ketuntasan klasikal dari salah satu kelas yaitu kelas X Multimedia berada pada posisi yang paling rendah. Berdasarkan hal ini kelas X Multimedia dijadikan subjek dalam penelitian ini. Berdasarkan masalah di atas diperlukan suatu metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasinya yaitu dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang bisa mengoptimalkan kegiatan siswa, mendorong siswa untuk aktif bertanya, dan berdiskusi dalam kegiatan proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (CRH). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMKN 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 181 siswa dengan teknik pengambilan sampelnya dilakukan dengan pengundian secara sederhana (simple random sampling). Setelah diundi akan didapatkan kelas eksperimen dan kontrol. Instrument dan teknik pengumpulan data penelitian berupa tes dan teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data dan pokok-pokok permasalahan yang dibahas pada bab-bab sebelumnya diperoleh bahwa nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung > ttabel atau 3,549 > 2,02), maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X Multimedia SMKN 3 Kota Bima tahun pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gg

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Pedagogos merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian diberbagai bidang keilmuan dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi peneliti yang fokusnya di bidang ...