Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 8 No 1 (2023): Maret

Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar Negeri 2 Wuluhan Jember

Fitriyatul Hanifiyah (Unknown)
Yanuardianto, Elga (Unknown)
Indah Utami, Lutfianah (Unknown)
Marfuah, Marfuah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi yang terjadi akibat penyebaran virus Corona virusdimana virus tersebut virus yang sangat berbahaya dan membawa kepada kematian, virus tersebut yang berasal dari salah satu kota di negeri China. Adanya penyebaran virus tersebut menyebabkan munculnya kebijakan pemerintah Indonesia untuk membatasi interkasi di luar rumah atau pembatasan sosial di segala sector, tidak luput juga termasuk di sektor pendidikan. Pemebatasan interkasi social di luar rumah tersebut yang kemudian munculnya ide-ide inovatif dalam pelaksanaaan pembelajaran yang berlaku di masa pandemi Covid 19 tersebut. Salah satu bentuk inovasi tersebut yakni penggunaan media-media online yang dapat dipergunakan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media Online dalam pembelajaran melalui fitur atau aplikasi WhatsApp dan Google Form di masa pandemi Covid 19. Selain itu juga, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penggunaaan media Online via WhatsApp dan Google Formpada proses belajar mengajar. Penelitian ini di laksanakan di Sekolah Dasar Negeri 2 Wuluhan Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Online dalam pembelajaran di masa pandemic Covid 19 melalui fitur atau aplikasi WhatsApp dan Google Form bahwa sudah berjalan dengan efektif dan lancer. Selain itu, hasil belajar peserta didik pasca penggunaaan media Online tersebut bahwa nilai yang diperoleh telah meningkat cukup signifikan hingga terdapat beberapa siswa yang memeperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan mengajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alashr

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Ashr Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada periode Maret dan September. Jurnal Al-Ashr ini memuat dan menyebarluaskan berbagai hasil penelitian, kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, Mahasiswa dalam lingkup bahasan ...