Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management
Vol. 5 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management

ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM AROFAH FOOD JAYA SEMARANG

Jaka Sudewa (Unknown)
Gijanto Purbo Suseno (Unknown)
Adri Arisena (Unknown)
Fadla Muzaiyyannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Suatu produk baik barang ataupun jasa ketika dipasarkan maka diperlukan suatu strategi dengan pola rencana tertentu agar upaya meningkatkan penjualan dapat tercapai. Strategi pemasaran dapat dimaknai juga suatu rangkaian atau sebuah cara suatu perusahaan agar apa yang menjadi tujuannya dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan agar dapat diketahui strategi apa yang dapat dijalankan oleh UMKM Arofah Food Jaya Semarang dalam upaya meningkatkan volume penjualan dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dengan dengan menggunakan analisis SWOT UMKM ‘Arofah Food Jaya dalam upaya meningkatkan volume penjualannya berdasarkan hasil kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta koordinat posisi ‘Arofah Food Jaya terletak pada kuadran I yaitu dimana hal ini merupakan termasuk strategi agresif. Maka keadaan tersebut berada pada situasi yang sangat menguntungkan karena perusahaan memiliki peluang yang besar serta didukung dengan kekuatan yang dimiliki oleh UMKM Arofah Food Jaya, peluang yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM Arofah Food Jaya yaitu memperluas jangkauan pemasarannya, seperti memperbanyak kerjasama dengan Pujasera di Wilayah Kota Semarang serta memanfaatkan pemasaran secara digital sehingga tujuan meningkatkan volume penjualan dapat tercapai, sedangkan kekuatan yang dimiliki UMKM Arofah Food Jaya yaitu tersedianya bahan baku yang mudah didapat karena UMKM Arofah Food Jaya merupakan anggota dari Koperasi Cipta Boga Mandiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

co-management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Scientific Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial : Co-Management is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published every 6 months by the Management Study Program of the Indonesian Cooperative Management Institute, Bandung. The development of the ...