Computer and Informatics Education Review
Vol 4 No 02 (2023): Computer and Informatics Education Review, Juni

PENGARUH METODE IMPROVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI DI KELAS X TKJ SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Fitri Karlenaningsih (Universitas Dehasen)
Lina Tri Astuty B. Sembiring (Universitas Dehasen)
Edy Susanto (Universitas Dehasen)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran improve terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan rancangan penelitian observasi aktivitas siswa dan wawancara terhadap guru, dan juga menggunakan tes pretest dan pasttest untuk siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 72 siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Dari hasil Analisis data menggunakan uji paired sample t-test didapat nilai sig (2-tailed) 0,000, dari hasil tersebut diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran improve improve terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cier

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Computer and Informatics Education Review - CIER a peer-reviewed and open-access journal published by the Faculty of Education and Teacher Training Universitas Dehasen Bengkulu in associated with Budapest International Research and Critics University (BIRCU) Publisher. CIER scoped in Computer ...