Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan
Vol. 9 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan

Peningkatkan Hasil dan Aktifitas Belajar Menggunakan Video Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI A: Improving Learning Results and Activities Using Learning Videos for Class VI A Elementary School Students

Zumi Haryati (Unknown)
Atikah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa dengan menggunakan media video pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu metode peneleitian tindakan kelas (PTK). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIA SD Negeri 03 Bengkulu Selatan. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi dan FGD bersama teman sejawat. Teknik analisis data yaitu menghitung rata-rata skor peserta didik dengan rumus lalu mengklasifikasikan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa pada kategori tertentu. Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI tersebut ditunjukan rata-rata nilai prasiklus sebesar 59,25 siklus I sebesar 66,67, siklus II yaitu sebesar 70,37 dan siklus III yaitu sebesar 90,19. Pada siklus ke III sebanyak 22 siswa dinyatakan berhasil meningkatkan hasil belajarnya dengan persentase ketuntasan yaitu 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan aktifitas belajar siswa kelas VI A pada mata pelajaran IPA pada pokok bahasan sistem tata surya meningkat menggunakan media video pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Education, which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of Islamic Education, Education Policy, Learning ...