Perubahan kurikulum dengan berbagai inovasi dalam pembelajaran. Inovasi yang muncul selepas perubahan kurikulum yaitu muncul mata pelajaran IPAS. IPAS merupakan bentuk perpaduan antara pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) dan ilmu pengetahuan sosial (IPS). Peneliti bertujuan memberikan gambaran mengenai inovasi pembelajaran IPAS pada kurikulum merdeka belajar di SDN 25 Bengkulu Selatan menggunakan metode kualitatif desktiptif. Subjek dalam penelitian berupa siswa SDN 25 Bengkulu selatan, fokus penelitian tertuju pada siswa kelas 4 dengan tiga siswa yang menjadi sempel utama. Waktu untuk pengambilan sempel antar siswa berbeda, digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi antar siswa. Adapun teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi IPAS memberikan perubahan terhadap media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran yang mencangkup IPA dan IPS. Adanya perubahan metode yang digunakan guru pada pembelajaran IPAS. Serta pembelajaran IPAS memiliki banyak banyak manfaat bagi siswa, guru dan sekolah. Manfaat bagi siswa diantaranya menjadikan siswa lebih bijak dikarenakan dapat melihat dua sisi pembelajaran secara langsung baik dari segi IPA maupun IPS, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengekspor pengetahuan yang diperolehnya ke lingkungan serta memberikan kebebasan untuk siswa dalam mengelola lingkungan alam dan lingkungan sosialnya secara utuh sesuai dengan pemahamannya.
Copyrights © 2023