JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 8 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Manajemen Mengembangkan Kemampuan Tenaga Pendidik dalam Memberikan Layanan Siswa Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita di SLB B-C Cahaya Bangsa Karawang

Deti Rostini (Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia)
Abdul Rojak (Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia)
Wahyu Rananda Saputra (Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi semua peserta didik memiliki hak yang sama termasuk anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pendidikan yang sama pada sekolah reguler. Sehingga mampu mengembangkan potensi yang mereka miliki tanpa ada rasa dikucilkan atau diskriminasi sebagai bentuk perwujudan penerapan sila ke 5 pada sila pancasila, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen mengembangkan kemampuan tenaga pendidik dalam memberikan layanan siswa berkebutuhan khusus tuna grahita di SLB B-C Cahaya Bangsa Karawang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program tenaga pendidik dalam layanan siswa berkebutuhan khusus di sekolah SLB B-C Cahaya Bangsa telah berjalan dengan baik secara efektif dan efisien karena telah merealisasikan proses pelaksanaan pembelajaran sekolah inklusif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...