JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 9 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengembangan Pop Up Qr Book sebagai Media Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 3-4 Tahun

Yolanda Anggiana Putri (Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)
Mozes Kurniawan (Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2023

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa yang universal karena digunakan oleh sebagian besar negara di dunia sebagai bahasa utama. Selain itu, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang penting untuk dikuasai atau dipelajari (Maduwu, 2016). Pengumpulan data merupakan Langkah awal dan sangat berperan penting dalam penelitian. Dengan mengumpulkan data peneliti menjadi tahu kebutuhan atau apa yang menjadi issue didalam masyarakat. Dalam penelitian ini Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validator ahli media dan bahasa adalah Eunice Widyanti S., S.Pd., M.Pd. Instrumen penilaian yang diserahkan berjumlah 10 butir dengan skor ideal adalah 50. Hasil perolehan skor yang diberikan validator ahli berjumlah 43. Hasil skor kemudian dihitung menggunakan rating scale dengan rumus yang sudah tersedia diatas. Hasil presentasenya adalah 86% dengan kriteria kategori sangat baik. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pop Up Qr Book “Trip to GrandParents’ House” sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran kosa kata Bahasa Inggris anak usia 3-4 Tahun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...