JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia
Vol. 1 No. 4 (2023): JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia

Pengaruh Variasi Pegas Katup Standar, Pegas Katup Swedia, dan Pegas Katup BRT Terhadap Torsi dan Daya pada Sepeda Motor

Ahmad Abdul Ghani (Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
M Nasir (Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Rifdarmon Rifdarmon (Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Hendra Dani Saputra (Departemen Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variasi pegas katup standar, pegas Swedia, dan pegas katup BRT terhadap torsi dan daya yang dihasilkan oleh sepeda motor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan objek penelitiannya adalah sepeda motor Yamaha M-Jet Fuel Injection Mio J tahun 2012. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data secara langsung dari hasil pengujian torsi dan daya pada sepeda motor Yamaha M-Jet Fuel Injection Mio J tahun 2012 dengan teknik analisis deskriptif persentase, baik dengan menggunakan pegas katup Swedia maupun dengan pegas katup BRT. Berdasarkan hasil data penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pegas katup BRT memiliki nilai torsi dan daya paling optimal dibandingkan dengan saat menggunakan pegas katup standar ataupun pegas katup Swedia.  The aim of this research is to determine the extent of the influence of variations in standard valve springs, Swedish valve springs, and BRT valve springs on the torque and power generated by a motorcycle. This research employs an experimental method, with the research object being a 2012 Yamaha M-Jet Fuel Injection Mio J motorcycle. Data collection in this study was conducted by gathering data directly from torque and power testing of the 2012 Yamaha M-Jet Fuel Injection Mio J motorcycle using a descriptive percentage analysis technique, both with Swedish valve springs and BRT valve springs. Based on the research data, it can be concluded that the use of BRT valve springs yields the most optimal torque and power values compared to when using standard valve springs or Swedish valve springs.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtpvi

Publisher

Subject

Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

AIM JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk menjadi tempat berbagi ilmu pengetahuan hasil penelitian berkualitas tinggi di semua aspek teknologi dan pendidikan kejuruan. Jurnal ini menerbitkan manuskrip yang berisi karya mutakhir dalam teori ...