Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variasi pegas katup standar, pegas Swedia, dan pegas katup BRT terhadap torsi dan daya yang dihasilkan oleh sepeda motor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan objek penelitiannya adalah sepeda motor Yamaha M-Jet Fuel Injection Mio J tahun 2012. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data secara langsung dari hasil pengujian torsi dan daya pada sepeda motor Yamaha M-Jet Fuel Injection Mio J tahun 2012 dengan teknik analisis deskriptif persentase, baik dengan menggunakan pegas katup Swedia maupun dengan pegas katup BRT. Berdasarkan hasil data penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pegas katup BRT memiliki nilai torsi dan daya paling optimal dibandingkan dengan saat menggunakan pegas katup standar ataupun pegas katup Swedia. The aim of this research is to determine the extent of the influence of variations in standard valve springs, Swedish valve springs, and BRT valve springs on the torque and power generated by a motorcycle. This research employs an experimental method, with the research object being a 2012 Yamaha M-Jet Fuel Injection Mio J motorcycle. Data collection in this study was conducted by gathering data directly from torque and power testing of the 2012 Yamaha M-Jet Fuel Injection Mio J motorcycle using a descriptive percentage analysis technique, both with Swedish valve springs and BRT valve springs. Based on the research data, it can be concluded that the use of BRT valve springs yields the most optimal torque and power values compared to when using standard valve springs or Swedish valve springs.
Copyrights © 2023