Berdasarkan pengamatan proses pembelajaran yang dilakukan di SMP Pertiwi 2 Padang, ditemui permasalahan seperti hasil belajar yang masih rendah atau masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan ialah 77. Juga minimnya keaktifan murid pada tahap belajar. Suatu alternative guna menangani konflik ini, dilakukan penelitian secara memakai model Flipped Classroom saat belajar. Penelitian ini bertarget guna mengamati dampak model Flipped Classroom pada hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Pertiwi 2 Padang. Pengkajian ini bermetode kuantitatif berwujud eksperimen semu dengan menggunakan teknik total sampling. Pengkajian ini populasinya murid kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Pengkajian ini bersampel kelas VIII.1 menjadi kelas kontrol serta kelas VIII.2 menjadi kelas eksperimen yang mencakup 20 murid. Guna dihimpunya data memakai tes tertulis mencakup soal objektif sejumlah 25, lalu data perolehannya dianalisa memakai uj-t. perolehan pengkajian melihatkan jika kisaran kelas eksperimen ialah 77,6 melainkan kisaran kelas kontrol ialah 63,55. Melalui perolehan pengkalkulasian uji-t didapati thitung> ttabel ialah 3,521 > 2,086 adanya perbandingan hasil belajar bertaraf sig ꭤ 0,05. Sehingga simpulannya jika pemakaian pola belajar Flipped Classroom berdampak pada hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Pertiwi 2 Padang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023