HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Vol 39 No 2 (2022): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran

COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Dira Ayu Nanda Oktavia (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Moesarofah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Pembelajaran jarak jauh memiliki perbedaan dengan pembelajaran konvensional. Pembelajaran jarak jauh menuntut siswa menerapkan blended learning secara mandiri. Tujuan penelitian adalah melihat adanya pengaruh Cognitive Behavior Therapy dalam konseling kelompok dengan teknik menghentikan pikiran negatif untuk menurunkan kecemasan pembelajaran jarak jauh. Desain penelitian adalah pra-eksperimental one group pretest-postest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI SMAN Krian Sidoarjo, sebanyak 11 orang. Pengumpulan data mengadaptasi skala pengukuran kecemasan dari Beck Anxiety Inventory (BAI), dan teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil statistik menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,003 (Sig. < 0.05), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan disimpulkan terjadi penurunan signifikan tingkat kecemasan setelah diberikan Cognitive Behavior Therapy pada siswa. Penelitian ini dapat menjadi informasi bagi konselor dalam memberikan layanan pada siswa yang mengalami kecemasan pembelajaran jarak jauh serta menjadi sumber pengetahuan dalam penelitian khususnya mengatasi kecemasan akademik.   Kata Kunci: Cognitive Behavior Therapy, konseling kelompok, kecemasan pembelajaran jarak jauh.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

helper

Publisher

Subject

Education Other

Description

AIM Helper: Journal Guidance and Counseling from Universitas PGRI Adi Buana Surabaya which publish articles from the fields of guidance and counseling based on researches. Helper is published twice a year in February and September. SCOPE: Techniques in Guidance and Counseling Assessment in Guidance ...