Video games atau digital games merupakan sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk hiburan di waktu luang, tetapi gim juga memiliki kegunaan di bidang edukasi dimana telah banyak gim dengan tema edukasi di berbagai genre gim. Salah satu genre gim adalah platformer game, dimana objektif gim adalah menggerakkan karakter pada suatu environment dan melompat dari suatu platform ke platform lain. Penjajahan Belanda di Indonesia berlangsung selama kurang lebih 350 tahun sehingga mempelajarinya secara langsung dapat terasa membosankan, banyak juga yang tidak mengetahui bahwa Cornelis de Houtman dibunuh oleh pahlawan Indonesia Keumalahayati. Perancangan gim akan dibuat menggunakan metode 7 steps for designing serious games dimana metode ini merupakan metode yang sering digunakan untuk merancang gim, serious games berarti gim yang memiliki tema serius, sehingga metode ini memungkinkan desain gim dapat memiliki elemen serius yakni pendidikan sejarah, serta menggunakan Mechanics Dynamics dan Aesthetics framework atau MDA framework, yakni framework yang sering digunakan untuk menganalisa gim. Hasil penelitian akan menunjukkan bahwa rancangan gim dapat membantu mempelajari sejarah kedatangan Belanda di Indonesia.
Copyrights © 2023