Berpikir kreatif adalah suatu pemikiran yang berupaya membuat gagasan baru atau menciptakan ide baru. Pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan pada tahun pelajaran 2020/2021 menimbulkan berbagai masalah dalam berlangsungnya proses pembelajaran, permasalahan yang dimaksud adalah kemampuan berpikir kreatif siswa masih belum maksimal dijalankan. Identifikasi masalah melalui wawancara bersama guru SMKN 5 Malang menunjukkan bahwa kurangnya berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning Berbantuan tutor sebaya terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Desain Komunikasi Visual elemen Perangkat Lunak Desain. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Weak Eksperimen Static Group Pretest Posttest. Sample Penelitian ini adalah siswa kelas eksperimen (XI DKV 1) menggunakan model Project Based Learning Berbantuan tutor sebaya dan siswa kelas kontrol (XI DKV 2) menerapkan model Project Based Learning sebagai pembanding. Hasil temuan yang didapatkan yaitu meliputi keterampilan berpikir kreatif, hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik siswa. Hasil uji hipotesis yang telah dilakukan disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning berbantuan tutor sebaya memiliki pengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa (z(60)=-2,698; p<0,01; d=0,35, dan hasil belajar psikomotorik (z(60)=-3,135; p<0,01; d=0,4 sehingga H0 ditolak. Serta tidak terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif (z(60)=-1,732; p>0,05; sehingga H0 gagal ditolak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023