Perkembangan zaman menghantarkan perubahan signifikan termasuk ranah pendidikan. Kecanggihan teknologi menghadirkan metode-metode terbaru agar dapat membantu dan memudahkan kegiatan pembelajaran, antara lain Micro Learning. Terdapat aplikasi yang bisa dijadikan sebagai pendukung metode micro learning yaitu aplikasi TikTok. Temuan dari hasil wawancara guru pengampu pada mata pelajaran Karya Desain kelas XI DKV SMK Negeri 5 Malang menyatakan bahwa peserta didik kurang memahami materi selama proses kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi TikTok sebagai sumber belajar digital di dalam implementasi Problem-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Karya Desain di SMK Negeri 5 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Weak Experiment Non-Equivalent Pre-test Post-test Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini terbagi dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen XI DKV 3 dan kelas kontrol XI DKV 2. Setiap kelas terdiri dari 36 peserta didik. Kegiatan penelitian ini melibatkan uji normalitas, uji homogenitas, uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney. Hasil pengujian normalitas menunjukkan bahwa data tidak mengikuti distribusi normal, sementara hasil pengujian homogenitas menunjukkan data tidak berseragam. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan pada data post-test uji Mann-Whitney. Dengan makna lain, penggunaan aplikasi TikTok tidak mempengaruhi hasil belajar peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023