Jurnal Manajemen Pendidikan
Vol 8, No 2 (2023): JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN

Manajemen Evaluasi Pendidikan Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Mahasiswa

Anjar Safitri (Unu Purwokerto)
Tri Oktianti Indrawiani (Nahdlatul Ulama University, Purwokerto)
Adela Octav Widiyarti (Nahdlatul Ulama University, Purwokerto)
Faizan Nurunti Qausarin (Nahdlatul Ulama University, Purwokerto)
Gilang Riansyah (Nahdlatul Ulama University, Purwokerto)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2023

Abstract

Pendidikan merupakan penentu kemajuan bangsa, mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas. Pendidikan berkualitas dapat tercipta ketika pembelajaran berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan kondisi lingkungan, termasuk pada bagian evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran saat ini masih jarang yang menggunakan model feedback deskriptif dengan kolaborasi teknologi. Hal ini terlihat dari nilai mahasiswa dan motivasi belajar yang rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperbaiki manajemen evaluasi pembelajaran dengan harapan meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa. Model penelitian ini merupakan model penelitian tindakan kelas yang terbagi dalam beberapa siklus, dengan subjek penelitian mahasiswa manajemen pagi angkatan 2022. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa setelah siklus 2, manajemen evaluasi deskriptif dengan terintegrasi teknologi dapat meningkatan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Manajemen Pendidikan mempublikasikan hasil penelitian di bidang pendidikan: Penelitian tindakan sekolah, Penelitian tindakan kelas, Proses pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan ini terbit 3 periode dalam 1 tahun yaitu Bulan April, Agustus, ...