Studi ini menyelidiki manfaat penggunaan membaca ekstensif dalam pengajaran membaca dan juga sikap siswa terhadapnya. Desain studi kasus sebagai bagian dari penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, angket dan wawancara. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas II di salah satu SMAÂ Negeri 2 Linggo Sari baganti. Temuan mengungkapkan bahwa membaca ekstensif bermanfaat dalam mengajar membaca. Ada lima manfaat yang ditemukan, yaitu membangun perspektif siswa bahwa membaca adalah kegiatan yang menarik, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, membantu siswa mengembangkan kosa kata yang luas, meningkatkan pemahaman membaca siswa, dan meningkatkan motivasi siswa dalam membaca. Selain itu, sebagian besar siswa memiliki sikap positif terhadap penggunaan membaca ekstensif di kelas membaca mereka. Berdasarkan temuan tersebut, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengajaran bahasa Inggris khususnya dalam penggunaan teknik membaca ekstensif dalam pengajaran membaca. Namun, untuk mencapai manfaat maksimal dari teknik ini, disarankan agar beberapa aspek dari teknik ini diperbaiki; antara lain peningkatan pemahaman guru tentang prinsip dan konsep membaca ekstensif, untuk mengisi kekosongan dalam pembelajaran tentang membaca ekstensif, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui manfaat penggunaan membaca ekstensif dalam pengajaran membaca.
Copyrights © 2023