Jurnal Manajemen Pendidikan
Vol 8, No 1 (2023): JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN

PENGGUNAAN EXTENSIVE READING UNTUK MENINGKATKAN VOCABULARY SISWA SMA NEGERI 2 LINGGO SARI BAGANTI DALAM PEMAHAMAN MEMBACA

Yola Melshandika (STKIP Pesisir Selatan)
Efendi Efendi (STKIP Pesisir Selatan)
Ramadhani Ramadhani (STKIP Pesisir Selatan)
Intan Dwi Rahayu (STKIP Pesisir Selatan)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2023

Abstract

Studi ini menyelidiki manfaat penggunaan membaca ekstensif dalam pengajaran membaca dan juga sikap siswa terhadapnya. Desain studi kasus sebagai bagian dari penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, angket dan wawancara. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas II di salah satu SMA Negeri 2 Linggo Sari baganti. Temuan mengungkapkan bahwa membaca ekstensif bermanfaat dalam mengajar membaca. Ada lima manfaat yang ditemukan, yaitu membangun perspektif siswa bahwa membaca adalah kegiatan yang menarik, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, membantu siswa mengembangkan kosa kata yang luas, meningkatkan pemahaman membaca siswa, dan meningkatkan motivasi siswa dalam membaca. Selain itu, sebagian besar siswa memiliki sikap positif terhadap penggunaan membaca ekstensif di kelas membaca mereka. Berdasarkan temuan tersebut, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengajaran bahasa Inggris khususnya dalam penggunaan teknik membaca ekstensif dalam pengajaran membaca. Namun, untuk mencapai manfaat maksimal dari teknik ini, disarankan agar beberapa aspek dari teknik ini diperbaiki; antara lain peningkatan pemahaman guru tentang prinsip dan konsep membaca ekstensif, untuk mengisi kekosongan dalam pembelajaran tentang membaca ekstensif, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui manfaat penggunaan membaca ekstensif dalam pengajaran membaca.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Manajemen Pendidikan mempublikasikan hasil penelitian di bidang pendidikan: Penelitian tindakan sekolah, Penelitian tindakan kelas, Proses pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan ini terbit 3 periode dalam 1 tahun yaitu Bulan April, Agustus, ...