HUMANIKA
Vol 30, No 1 (2023): June

Evaluasi Program GEMAR Literasi Kabupaten Bima: Model Goal Free Evaluation

Arif Hidayad (Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Taman Siswa Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)
Suranto AW (Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia)
Syarifudin Syarifudin (Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Taman Siswa Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)
Nunung Fatimah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Taman Siswa Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian  evaluasi ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program GEMAR Literasi di Kabupaten Bima NTB. Gerakan Masyarakat Sadar (GEMAR) Literasi merupakan program Kerjasama antara pemerintah daerah dengan pihak akademik (STKIP Taman Siswa Bima) dalam rangka meningkatkan level kemampuan membaca siswa SD kelas 1-4 di 25 sekolah dasar. Program ini dilaksanakan selama 1 tahun (2021-2022). Subjek penelitian sebanyak 6 orang dosen STKIP Taman Siswa Bima sebagai pelaksana program. Penelitian ini merupakan studi evaluasi program dengan pendekatan kualitatif model Goal Free Evaluation. Data tentang proses pelaksanaan program dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumen. Studi evaluasi hanya fokus pada efek positif, efek negative dan efek sampingan positif dari program Gerakan Masyarakat Sadar literasi. Hasil studi evaluasi menggambarkan bahwa program menunjukkan proses dan perubahan yang nyata dan hasilnya cukup signifikan. Terlaksananya semua kegiatan program dengan baik dan tepat sasaran mampu merubah paradigma keraguan pihak pemerintah daerah terhadap keberhasilan program. Akibatnya, pihak pemerintah daerah tidak ragu untuk mengimbaskan praktik baik tersebut kepada lebih dari 400 SD di kabupaten Bima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

humanika

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Humanika ISSN 2502-5783 (online), ISSN 1412-9418 (print) is an open access and peer-reviewed journal published by Faculty of Humanities, Diponegoro University, Indonesia. This Journal published twice a year (January-June and July-December).The scope of journal is: Literature, Linguistics, History, ...