Kecenderungan narsistik merupakan rasa cinta pada diri sendiri yang berlebihan atau dapat juga diartikan sebagai perhatian yang sangat berlebihan pada diri sendiri. Individu narsistik memanfaatkan hubungan interpersonal hanya untuk memdapatkan perhatian, mencapai popularitas, serta melakukan segala hal yang menyenangkan untuk dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan kecenderungan perilaku narsistik pada remaja SMAN 4 Kendari. Jenis penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain korelasional. Populasi berjumlah 376 siswa/siswi yang telah di screening dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling atau pengambilan jumlah sampel yang dilakukan menggunakan angket dari 376 siswa/siswi dan didapat yang sesuai kriteria dengan jumlah 89 orang. Teknik pengumpulan data adalah skala Narcissistic Personality Inventory (NPI) dan skala intensitas penggunaan media sosial (SIPMS). Analisis data dilakukan dengan cara menguji persyaratan dan mengunakan uji hipotesis Uji korelasi Product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan kecenderungan perilaku narsistik pada remaja di SMAN 4 Kendari.
Copyrights © 2023