Amaliah: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 7 No 2 (2023): Agustus 2023

Pendampingan Pengembangan Friendly Child English Learning Material untuk Guru di Sekolah Dasar

Widiarini Widiarini (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia)
Sri Setyarini (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Diani Nurhajati (Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia)
Dewi Kencanawati (Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia)
Sulistiyani Sulistiyani (Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia)
Winda Khoirun Nisak (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia)
Fitri Arini (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2023

Abstract

Tidak semua guru yang mengajar bahasa Inggris adalah lulusan pendidikan bahasa Inggris di Kabupaten Blitar. Bahkan, di Kecamatan Srengat, pada tahun 2019 hanya terdapat 6 orang guru bahasa Inggris merupakan lulusan pendidikan bahasa Inggris. Sebagian besar mata pelajaran bahasa Inggris diampu oleh guru kelas lulusan PGSD. Oleh karenaya, materi-materi ajar hanya menggunakan buku penerbit. Skill s yang diajarkan didominasi oleh reading dan writing berdasarkan buku yang ada. Hal tersebut tidak sesuai dengan prinsip pembelajaran pada program Sekolah Ramah Anak (SRA), yang mana pembelajaran harus dilaksanakan sesuai dengan karakteristik siswa, menyenangkan, dan mampu mengembangkan bakat dan minat siswa. Selain itu, guru mengalami kendala dalam mengajar: v ocabulary khususnya pronunciation , speaking untuk siswa SD, terbatasnya media belajar berupa video dan lagu yang sesuai, dan keterbatasan metode mengajar guru yang sesuai dengan perkembangan belajar siswa SD. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu upaya pendampingan pengembangan materi ajar ramah anak untuk pembelajaran bahasa Inggris SD. Kegiatan pendampingan dilakukan dengan beberapa kegiatan, seperti: 1) pelatihan pembelajaran ramah anak; 2) pelatihan pembelajaran HOTS; 3) penyusunan peta kompetensi dan capaian pembelajaran bahasa Inggris SD; 4) pendampingan pengembangan materi ajar semester ganjil; dan (5) pendampingan pengembangan materi ajar semester genap. Melalui kegiatan pendampingan ini guru bahasa Inggris secara berkelompok dapat menyusun materi ajar sendiri yang ramah anak dan dicetak sebagai buku ajar yang digunakan secara luas pada SD baik negeri maupun swasta di wilayah Kabupaten Blitar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

amaliah

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Amaliah: Jurnal Pengabdian Masyarakat dikelola oleh Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Kendari. Amaliah: Jurnal Pengabdian Masyarakat terbit secara berkala, dua kali dalam setahun yaitu bulan Februari dan Agustus. Amaliah: Jurnal Pengabdian ...