JEKPEND Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
Vol 6, No 2 (2023): Juli

Pengaruh Persepsi Risiko Konsumen Terhadap Minat Pembelian Online di Marketplace pada Mahasiswa di Kota Surakarta

Sari, Novita (Unknown)
Hindrayani, Aniek (Unknown)
Noviani, Leny (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh enam dimensi persepsi risiko konsumen (risiko keuangan, risiko produk, risiko keamanan, risiko waktu, risiko sosial, dan risiko psikologis) terhadap minat pembelian online di marketplace pada mahasiswa di Kota Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Kota Surakarta yang pernah melakukan pembelian produk secara online di marketplace (infinite population). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online berbantuan google form, sampel yang diperoleh sebanyak 242 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPPS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan dari keenam dimensi persepsi risiko konsumen, risiko waktu berpengaruh negatif signifikan terhadap minat pembelian online, sedangkan kelima dimensi lainnya: risiko keuangan, risiko produk, risiko keamanan, risiko sosial, dan risiko psikologis tidak berpengaruh negatif terhadap minat pembelian online. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEKPEND

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JEKPEND: Jurnal ekonomi dan pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat tulisan berupa gagasan ilmiah dan hasil hasil penelitian dalam bidang ekonomi dan pendidikan. Scope tulisan meliputi kajian pendidikan ekonomi, ilmu ekonomi, pengembangan kurikulum pendidikan ekonomi, model dan media ...