Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 3 (2023): Oktober 2023-Januari 2024

Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Indah Milati Khasanah (Unknown)
Harto Nuroso (Unknown)
Agnita Siska Pramasdyahsari (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kebersamaan di lingkungan sekolah pemanfaatan budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua kali pembelajaran dan mengambil data pre-test dan post-test. Sampel dari penelitian ini adalah kelas II dengan hasil belajar setelah adanya perlakuan. Data yang diperoleh dari penelitian, yaitu data hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pre-test dan post-test hasil belajar siswa untuk tiga aspek peningkatan. Hasil belajar aspek kognitif pre-test dan post-test yang peneliti lakukan pada siswa kelas II SD Negeri di Kota Semarang setelah dianalisis oleh peneliti melalui normalitas gain menurut Meltzer menghasilkan kriteria “Tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan budaya berupa makanan khas dari latar belakang siswa sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema kebersamaan di lingkungan sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...