Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2023): June

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS SD

Maya Sari (Universitas Majalengka)
Ani Rosidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, memaparkan dan menganalisa hasil beberapa studi terkait implementasi model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar IPS SD. Metode systematic literature review (SLR) digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan cara menyeleksi beberapa studi berdasarkan kriteria inklusi dana diperoleh sebanyak 15 artikel yang qualified. Penelitian ini mengklasifikasikan studi primer yang qualified berdasarkan kategori seperti jenjang pendidikan, materi ajar, metode penelitian serta efektivitas penerapan model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar IPS SD. Hasilnya adalah secara keseluruhan implementasi pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa terutama pada siswa sekolah dasar, sehingga ditemukan 3 hasil utama dari penelitian yaitu mendorong keaktifan siswa, menumbuhkan motivasi siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, metode kuantitatif merupakan metode penelitian yang sering digunakan untuk melihat efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPS SD dengan desain penelitian adalah eksperimen atau kuasi eksperimen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Papanda Publisher. Jurnal ini terbit setiap 6 bulan atau dua kali dalam satu tahun. Artikel-artikel yang diterbitkan jurnal ini adalah artikel karya ilmiah, studi pustaka atau hasil penelitian yang dilakukan oleh pendidik di Indonesia, baik itu guru, dosen, maupun ...