Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 9 No. 3 (2023): July-September

Meningkatkan Membaca Pemahaman Melalui Media Kartu Paragraf Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Lilis Lisnawati (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Arsyi Rizqia Amalia (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Dyah Lyesmaya (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik serta mendeskripsikan proses pembelajaran melalui media kartu paragraf di Sekolah Dasar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Pameungpeuk. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 1 Pameungpeuk, kemampuan membaca pemahaman khususnya pada materi menemukan ide pokok paragraf, sebagian besar peserta didikĀ  masih belum memperhatikan saat belajar, peserta didik masih belum mengerti. Serta dengan penambahan adanya media pembelajaran. Dan setelah dilakukannya penelitian pembelajaran peserta didik dengan upaya peningkatan membaca pemahaman melalui media kartu pargraf. Hal ini terbuikti adanya hasil peningkatan belajar peserta didik dengan rata-rata nilai sudah mencapai KKM. Peserta didik juga lebih aktif dalam pelaksanaan pembelajaran ketika menggunakan media di banding sebelum menggunakan media.. Hal ini dilihat rauta-rata nilai yang di capai peserta didik untuk setiap siklusnya, pada siklus 1 nilai rata-ratanya 67,6 termasuk pada kriteria cukup, pada siklus II nilai rata-rata 71,2 menunjukan pada kriteria baik, di siklus II ini menunjukan peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media kartu paragraf dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...