Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 3, No 5 (2015)

PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA ANAK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 BANDARLAMPUNG

Dian Kurniasari (Unknown)
Iqbal Hilal (Unknown)
Munaris Munaris (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2015

Abstract

The purpose of this study was to describe the appreciation learning of children's stories at the seventh grade students of SMPN 20 Bandar Lampung in academic year 2013/2014. The method used in this research was descriptive qualitative method, which the authors describe the results of research and analysis on the planning, implementation, and assessment of appreciation learning stories of children's stories. The object of this study was the activity of appreciation learning of children which teachers of Indonesian subject and the seventh grade students of SMPN 20 Bandar Lampung. Collecting data in this study were conducted by observation, interviews, documentation and recording. The results showed that the lesson plans which is desigred by the teachers are in accordance with the provisions of the lesson plan. The lesson plan was the implementation of learning activities and the activities of teachers in teaching the students to learn.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran apresiasi cerita anak siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu penulis mendeskripsikan hasil penelitian dan analisisnya terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran apresiasi cerita anak. Objek penelitian ini adalah aktivitas pembelajaan apresiasi cerita anak yang dilakukan guru bidang studi Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan perekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang guru rancang sudah sesuai dengan ketentuan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yaitu aktivitas guru dalam mengajar dan aktivitas siswa dalam belajar.Kata kunci: apresiasi, cerita anak, pembelajaran.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...