ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2023): ELIPS, September 2023

PENGARUH PEMBELAJARAN TTW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN 2 TULUNGAGUNG

Ranti Agma Kurnia Sari (Mahasiswa)
Dewi Asmarani (UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pembelajaran TTW terhadap motivasi siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, (2) mengetahui pengaruh pembelajaran TTW terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, (3) mengetahui pengaruh pembelajaran TTW terhadap motivasi dan hasil siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, dengan teknik purposive sampling, sampelnya adalah siswa kelas VII-K (kelas eksperimen) dan kelas VII-J (kelas kontrol). Pengumpulan data berupa angket motivasi dan tes materi aritmatika sosial, serta analisis datanya menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai signifikansi sebesar 0,019 < 0,05 sehingga H1 diterima, maka disimpulkan ada pengaruh yang signifikan pembelajaran TTW terhadap motivasi siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, (2) nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima, maka disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran TTW terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung, (3) nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima, maka disimpulkan ada pengaruh yang signifikan pembelajaran TTW terhadap motivasi dan hasil belajar siswa MTsN 2 Tulungagung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...