ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2023): ELIPS, September 2023

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA JAJANAN PASAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Chintya Dea Aurelya Nasution (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan)
Saiful Bahri (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menhasilkan LKPD etnomatematika yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MT SKB 3 Menteri Bingkat. Produk yang dikembangkan berupa materi edukasi LKPD yang meliputi kubus dan balok. ADDIE yang meliputi analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi digunakan sebagai model penelitian pengembangan. Instrumen yang digunakan terdiri dari tabel tes validasi, tabel praktikalitas dan tes matematika. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji validitas LKPD masuk dalam kategori sangat valid dengan rata-rata 90%, sedangkan hasil praktikalitas LKPD masuk dalam kategori sangat praktis dengan rata-rata 90,43%. hasil pre-test menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan dilema matematis, dan pada post-test siswa mencapai nilai konfirmasi sebesar 0,71 dengan kategori tinggi, sehingga kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis mengalami peningkatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...