ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 2 (2023): ELIPS, September 2023

HUBUNGAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 4 BUTON SELATAN

Anwar Anwar (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Ernawati Jais (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
La Eru Ugi (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Nur Alam Ufatmah (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Buton Selatan. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan desain penelitian korelasional bivariat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Buton Selatan yang terdiri atas 2 kelas dengan keseluruhan sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Dari hasil analisis deskriktif data menunjukan bahwa tingkat kreativitas belajar siswa secara umum masih dalam kategori sedang. Dimana sebanyak 17,5% siswa berada dalam kategori tinggi 65% siswa berada dalam kategori sedang dan sebanyak 17,5% siswa berada dalam kategori rendah. Sedangkan untuk prestasi belajar matematika siswa secara umum masih dalam kategori sedang. Dimana sebanyak 17,5% siswa berada dalam kategori tinggi 65% siswa berada dalam kategori sedang dan sebanyak 17,5% siswa berada dalam kategori rendah. Bersumber dari data penafsiran analisis korelasi linear sederhana penilaian kreativitas belajar siswa (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y) menghasilkan nilai signifikan 0,003 dengan perbandingan taraf nyata (α = 5%) maka nilai signifikan < α atau 0,003 < 0,050. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kreativitas belajar siswa mempunyai hubungan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Buton Selatan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...