JOEL: Journal of Educational and Language Research
Vol. 2 No. 12: Juli 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CERAMAH DAN KOOPERATIF LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Siti Aminah (Universitas Muria Kudus)
Riska Putri Meilani (PGSD FKIP Universitas Muria Kudus)
Muhammad Ali Shodiqin (PGSD FKIP Universitas Muria Kudus)
Zahrotun Nislakh (PGSD FKIP Universitas Muria Kudus)
Fitriyah Amaliyah (PGSD FKIP Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini guna mengetui perbedaan hasil belajar pemecahan masalah matematis siswa denga penerapan model pembelajaran yang berbeda yaitu lecture methode (ceramah) dan kooperatif learning (kelompok). Dalam penelitian ini menggunakan penelitian jenis eksperimen semu (quasi experimental). Rancangan penelitian ini menggunakan pretest-posttest non-equivalent control group desain. Penelitian ini menggunakan analisis data uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat adanya perbedaan hasil belajar kemampuan matematis siswa yang signifikan antar kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana hasil belajar kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif learning atau kelompok lebih baik atau tinggi dibandingkan dengan hasil belajar pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran lecture method atau ceramah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOEL

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOEL: Journal of Educational and Language Research published by Bajang Institute, was established in twelve times a year and with printed version of ISSN: 2807-937X and the online version of ISSN: 2807-8721. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with ...