Jurnal Jeumpa
Vol 10 No 2 (2023): Jurnal Jeumpa

Pengembangan Panduan Praktikum Biologi Berbasis Problem-Based Learning pada Materi Tumbuhan (Plantae) bagi Siswa SMA

Sinaga, Juwita Br (Unknown)
Nursamsu, Nursamsu (Unknown)
Wahyuni, Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan panduan praktikum biologi berbasis problem-based learning bagi siswa SMAN 2 Langsa pada materi tumbuhan serta menguji tingkat kevalidan dan kepraktisan panduan praktikum tersebut. Penelitian ini menggunakan metode R&D (research and development) dengan model pengembangan 4D (define, design, development, dan disseminate) yang dibatasi sampai tahap pengembangan dengan menguji tingkat kevalidan dan kepraktisan. Tingkat kevalidan panduan praktikum biologi dinilai oleh validator ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Kepraktisan panduan praktikum dinilai berdasarkan hasil angket dari guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan praktikum biologi yang telah dikembangkan memperoleh persentase kevalidan berdasarkan penilaian validator ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa berurutan sebesar 82.5%, 98.8%, dan 96% dengan kriteria “sangat layak”. Uji kepraktisan panduan praktikum biologi ini juga dikategorikan “sangat praktis”, dengan persentase nilai uji respon guru dan siswa sebesar 97% dan 93%. Berdasarkan hasil tersebut, panduan praktikum biologi berbasis problem-based learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan. Studi lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keefektifan panduan praktikum biologi yang telah dikembangkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jempa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Jeumpa merupakan artikel kajian bidang biologi baik yang bersifat Pendidikan Biologi dan Biologi Sains, yang diterbitkan secara berkala dua kali setiap tahun pada bulan Januari dan juni dengan 10 artikel/Nomor atau 20 artikel/Volume oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas ...