Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam
Vol 21 No 2 (2023): Juli

PENDIDIKAN RAMAH ANAK DALAM PERSPEKTIF HADITS NABI

Muchlis, Muchlis (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk melihat konsep pendidikan ramah anak dalam perspektif hadits nabi. Metode yang dignakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research). Studi kepustakaan dapat diartikan sebagai sebuah rangkaian kegiatan dengan membaca dan menganalisi serta mengolah bahan penelitian. Hasil dari penelitian adalah bahwa Nabi Muhamamad dalam proses pendidikan kepada sahabatnya, menerapkan konsep pendidikan yang ramah anak. Hal itu dapat dilihat dari aspek: a) membiarkan anak menikmati dunianya, yaitu bermain, b) Pendidik hendaknya berkomunikasi dengan anak sesuai dengan tingkat kemampuan mereka, c) mengakomodasi pengetahuan dan pengalaman anak dengan penerapan pembelajaran apersepsi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kreatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Other

Description

Kreatif : Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Muhammadiyah Bima. Jurnal ini memuat kajian-kajian keislaman yang meliputi Studi Pemikiran pendidikan Agama Islam. Terbit dua kali setahun, yaitu bulan Januari dan ...