Al-Minhaj
Vol 2 No 3 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 5 Pattallassang

Hasniah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini mengambil populasi di UPT SMPN 5 Pattallassang Satap Moncongloe dan yang menjadi sampel adalah kelas VII UPT SMPN 5 Pattallassang Satap Moncongloe. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes sebagai alat utama, Observasi, dan Dokumentassi. Analisis data yang digunakan adalah metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus. Yang mana hasil dari penelitian ini, menunjukan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pra siklus 58%, pada Akhir siklus I sebesar 73,33%, dan pada akhir Siklus II mengalami peningkatan yang cukup besar sehinga mencapai 100% peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh hal ini menunjukan, bahwa Model Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar pesrta didik kelas VIII.1 UPT 5 Pattallassang Satap Moncongloe

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...