NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2023): NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, Agustus 2023

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI SMAN 12 MAKASSAR

Basoa, indah Ekawati (Unknown)
Rabiah, Sitti (Unknown)
Rahmawati, Sitti (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) kemampuan menulis cerpen dalam mata pelajaran bahasa Indonesia melalui latihan terbimbing pada siswa kelas XI IPS 2 SMAN 12 Makassar (2) meningkatkan hasil kemampuan menulis cerpen dalam mata pelajaran bahasa Indonesia melalui metode latihan terbimbing kelas XI IPS 2 SMAN 12 Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 33 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah menulis cerpen, metode latihan terbimbing. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik pengumpulan data prasiklus, Siklus I dan Siklus II. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada (1) Prasiklus yang terdiri dari 33 siswa terdapat 30 siswa atau 90.9% belum memperoleh nilai KKM sedangkan 3 siswa atau 9.1% memperoleh nilai KKM. Pada (2) Siklus I diketahui 33 siswa terdapat 7 siswa atau 21.3% belum memperoleh nilai KKM. Sedangkan 26 siswa atau 78.7% mencapai nilai KKM. Maka dengan ini dikatakan masih sangat rendah terlihat dari presentase yang diperoleh pada siklus I. Pada (3) Siklus II diketahui 33 siswa terdapat 6 siswa atau 18.2% yang belum mencapai nilai KKM dan 27 siswa atau 60.6% yang mencapai nilai KKM. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi umpan balik bagi siswa, guru bahasa Indonesia, sekolah, peneliti lain, pengguna bahasa dan pihak-pihak yang terkait.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nusra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Development and implementation of educational curriculum. Learning and education services. Educational evaluation in general, including educational processes and outcomes. Education policy, management and financing. Quality, certification and accreditation of education Utilization of information and ...