Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 3 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Pengaruh Problem Based Learning terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa di Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Claudya Zahrani Susilo (Universitas Hasyim Asy'
ari Tebuireng Jombang)

Ratih Asmarani (Universitas Hasyim Asy'
ari Tebuireng Jombang)

Muhammad Nuruddin (Universitas Hasyim Asy'
ari Tebuireng Jombang)

Hawwin Fitra Raharja (Universitas Hasyim Asy'
ari Tebuireng Jombang)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan mahasiswa PGSD dalam mengajar siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Populasi pada riset ini adalah seluruh mahasiswa semester IV Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu mahasiswa semester IV-B. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian kemampuan dasar mengajar. Tujuan dari riset ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan mahasiswa dalam mengajar. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai sig 0.000 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PGSD Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...