Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 2 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Peristiwa dalam Kehidupan pada Siswa Kelas VB SDN 4 Kutosari Tahun Ajaran 2022/2023

Hana Salsabila (Universitas Sebelas Maret)
Muhamad Chamdani (Universitas Sebelas Maret)
Tri Saptuti Susiani (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah model Problem Based Learning dengan multimedia, meningkatkan hasil belajar IPS, dan mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemui selama pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VB SDN 4 Kutosari. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan Teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS dengan menerapkan model Problem Based Learning dengan multimedia. Persentase hasil belajar siklus I mencapai 80,77%. siklus II mencapai 88,46%, dan siklus III mencapai 92,31%. Salah satu kendala yang ditemui adalah siswa kesulitan menggunakan quizizz untuk mengerjakan evaluasi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VB SDN 4 Kutosari tahun ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...