Tadribuna: Journal of Islamic Management Education
Vol 3 No 1 (2022): Juli - Desember

Pengaruh Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam

Syamsidah Lubis (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam)
Dewi Sabda Purnama (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam. Teknik pengumpulan sampel data variabel x dan y dengan menggunakan angket kepada siswa. Hasil perhitungan dengan bantuan software SPSS 21 for windows dan rumusan koefisien determinan. Uji normalitas nilai Asymptotic sig sebesar 0,532 > 0,05 variabel metode talaqqi (x), dan Asymptotic sig sebesar 0,582 > 0,05 variabel kemampuan menghafal Al-Qur’an (y), maka berdistribusi normal. Sig. Deviation from linierity 0.668 > 0,05, maka memiliki hubungan linear. Diperoleh sig. (2-tailed) metode talaqqi dan kemampuan menghafal Al-Qur’an sebesar 0,000 < 0,05, maka uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan. Uji koefisien determinasinya adalah 19,9%. Berarti Ho ditolak dan Ha diterima, Ha menyatakan terdapat pengaruh metode talaqqi dalam Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam diterima.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tadribunajournals

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Tadribuna: Journal of Islamic Education Management adalah Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Islam yang mempublikasikan artikel ilmiah dan penelitian lapangan di bidang Manajemen Pendidikan Islam. Ruang Lingkup Jurnal Tadribuna meliputi: Modernisasi Pendidikan Islam Kebijakan Pendidikan Islam ...