Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 3, No 3 (2022)

Motivasi Belajar Peserta Didik: Suatu Intervensi Model Discovery Learning Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Nurul Muthmainna (Universitas Negeri Makassar)
Sudding Sudding (Universitas Negeri Makassar)
Eda Lolo Allo (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Model discovery learning merupakan model pembelajaran yang meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga motivasi belajar peserta didik juga akan meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit. Desain penelitian adalah Posttest Only Control Group Design. Populasinya peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 6 Makassar dan terpilih kelas X MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol melalui random sampling. Data diperoleh dengan pemberian angket motivasi belajar dimana data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif motivasi belajar menunjukkan hasil yang lebih tinggi pada kelas eksperimen. Hasil analisis statistik inferensial untuk motivasi belajar menggunakan uji parametric uji-t yang menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya model discovery learning berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 6 Makassar Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. ABSTRACT Discovery learning model is the learning model that will increase the activity all of the students in the learning process so the learning motivation of the students will also increase. This research is a quasi-experimental research that aims to determine the effect of the discovery learning model on the motivation of the students as subject matter of electrolyte and non-electrolyte solutions. The research design used is Posttest Only Control Group Design. The population is all of the students of class X MIPA SMA Negeri 6 Makassar. Sampling was done by random sampling, where class X MIPA 7 was the experimental class and class X MIPA 4 was the control class. The data were obtained by giving a learning motivation questionnaire of the students in the experimental class and the control class. The results of descriptive analysis of the learning motivation of the students in the experimental class is higher. Inferential statistical analysis results for the learning motivation data using a parametric test namely the t-test and the hypothesis research is accepted. That is meaning the discovery learning model has an effect on the students learning motivation. It can be concluded that the discovery learning model has an effect on the motivation of the students in class X MIPA SMA Negeri 6 Makassar On the Material of Electrolyte and Non-Electrolyte Solutions.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...