Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 3, No 1 (2022)

Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 11 Makassar Melalui Metode Praktikum pada Materi Larutan Asam dan Basa

Reski Ramadani (Quipper Edukasi Indonesia, Citra Landan Hertasning, Gowa)
Iwan Dini (Universitas Negeri Makassar)
Melati Masri (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains pada aspek keterampilan dasar siswa pada materi larutan asam dan basa melalui metode praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, menggunakan instrument berupa lembar observasi aspek psikomotorik, angket, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN 11 Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Berdasarkan analisis data, keterampilan proses sains pada aspek keterampilan dasar siswa berada pada kategori sangat baik, yaitu pada keterampilan mengamati 91.83%, mengklasifikasikan 98.5%, mengukur 88%, mengkomunikasikan 92.33%. Siswa berada pada kategori baik, yaitu pada keterampilan menyimpulkan 72%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 3 sman 11 Makassar melalui metode praktikum pada materi larutan asam dan basa sudah sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...