Journal of Education Research
Vol. 4 No. 3 (2023)

The Effect of Motivation and Learning Models on English Reading Skills

Supriyadi, Agus (Unknown)
Wulan Sari, Fitria (Unknown)
Wahjuningsih, Eka (Unknown)
Abdullah , Humaira DJ (Unknown)
Hi Mumamad, Hujaefa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explant POE dan Problem Base Learning PBL pada siswa yang mempunyai motivasi belajar, Interaksi antara motivasi dan model pembelajaran POE Predict Observe Explant dan Probel Based Learning terhadap keterampilan membaca siswa, Manakah yang lebih baik, keterampilan membaca siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi, sedang atau rendah dan diberi perlakuan dengan mobile pembelajaran PBL dan POE. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah eksperimental semu atau Quasi eksperimental, dengan desain orpendekatan faktorial dua x dua. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Darul Falah Ternate Tahun Akademik dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga. Sampel penelitian terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran Problem Based Learning lebih baik jika dibandingkan dengan model pembelajaran Predict Observe Expect. Artinya hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa secara keseluruhan model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Predict Observe Explane.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...