Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan


Peran Efikasi Guru Sebagai Mediator dalam Hubungan Conscientiousness dan Teacher Burnout

Gabriella Karthika Lesmana (Universitas Indonesia)
Eva Septiana (Universitas Indonesia)
Ali Nina Liche Seniati (Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Guru adalah profesi yang rentan burnout. Dampak dari teacher burnout juga berpengaruh terhadap institusi dan peserta didik. Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap teacher burnout adalah conscientiousness serta efikasi guru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah conscientiousness dapat memengaruhi teacher burnout lewat mediasi efikasi guru. Partisipan penelitian ini adalah guru dari seluruh jenjang pendidikan formal di Indonesia yang mengajar selama minimal enam bulan (N=303). Hasil penelitian menunjukkan bahwa conscientiousness memprediksi teacher burnout melalui efikasi guru secara signifikan, F (2, 301) = 80,290, p < 0,001, R2 = 0,2106. Dalam melakukan rekrutmen guru, kepribadian dapat menjadi salah satu pertimbangan. Intervensi terkait dengan efikasi guru juga dapat semakin menurunkan angka teacher burnout.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ILMU-PSIKOLOGI

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Other

Description

Jurnal Psikologi ini dikelola oleh Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan dengan masa terbit satu kali dalam satu tahun. Jurnal Psikologi merupakan publikasi ilmiah yang terdiri dari kumpulan penelitian-penelitian di bidang Ilmu Psikologi yang mengacu pada tiga konsentrasi yaitu Psikologi ...