Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan teori polya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan awal, tes penilaiaan subjek dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini ada tiga siswa kelas VIII-H yang dipilih berdasarkan pengelompokkan Satu siswa tinggi, satu siswa sedang satu siswa rendah. Adapun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang terkait dengan materi persamaan linear dua variabel menunjukkan bahwa: 1) kemampuan dengan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan tinggi dapat melaksanakan empat langkah polya dengan sangat baik, yaitu memahami masalah, memikirkan rencana, melaksnakan rencana dan memeriksa kembali jawaban. 2) kemampuan dengan pemecahan masalah siswa yang memiliki kemampuan sedang hanya mampu memenuhi 2 indikator yaitu memahami masalah dan memikirkan rencana. 3) kemampuan pemecahan masalah yang memiliki kemampuan rendah hanya dapat memenuhi 1 indikator yaitu memikirkan rencana.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022