Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 (2022): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Rika Firma Yenni (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tamansiswa Palembang)
Malalina (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tamansiswa Palembang)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Tridharma Palembang. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen Posttest Only Control Group Design. Populasinya seluruh kelas VIII yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampel secara acak dan terpilih kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dalam bentuk uraian yang terdiri dari lima butir soal tes, serta teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 9,461 > 1,341. Artinya Ha diterima dan ada pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Tridharma Palembang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. Jurnal ini terbit 2 ...